Alasan Pria Suka Bohong Demi Kebaikan?

Cerita Lucu : Alasan Pria Suka Bohong Demi Kebaikan? ternyata memiliki sejarah tersendiri. Kisah ini dimulai beberapa ratus tahun yang lalu di sebuah kerajaan di negeri sebrang. Dikisahkan seorang Pria setengah baya sebagai seorang petani yang terkenal akan sifat jujurnya. Saking jujurnya sampai sampai Dewapun ingin megujinya. Suatu hari, ketika ia sedang mencangkul di ladang yang terdapat jurang disebelahnya, tiba-tiba cangkulnya terjatuh. Dia menangis dan berdoa memohon pertolongan dewa, sampai akhirnya sang Dewa muncul dihadapannya. 
Dewa : "Mengapa kamu menangis?"
Petani : "Cangkul saya sebagai sumber penghasilan satu-satunya  telah jatuh ke dalam jurang,..."

Tiba tiba Dewa menghilang dan tak lama kemudian muncul kembali membawa cangkul yang terbuat dari emas dengan gagang berhiaskan ukiran yang sangat indah.
Dewa : "Apakah ini cangkulmu?"
Petani : "Bukan, Dewa"

Kemudian Dewa menghilang lagi dan tak lama kemudian muncul kembali membawa cangkul yang terbuat dari perak.
Dewa : "Apakah ini cangkulmu?"
Petani : "Bukan, Dewa."

Dewapun menghilang lagi dan tak lama kemudian muncul kembali sambil mengeluarkan sebuah cangkul yang usang dengan pegangan kayu dan mata besi.
Dewa : "Apakah ini cangkulmu?"

Petani :
"Ya, Dewa, benar ini cangkul saya"

Dewa : "Kamu memang orang yang jujur, karena itu Aku akan memberikan ketiga cangkul ini untukmu sebagai imbalan atas kejujuranmu"

Petani itu sangat bersyukur dan pulang dengan gembira dan menceritakan kejadian tersebut kepada isterinya. Ternyata ujian dari sang dewa tak cukup sampai disini ,beberapa hari setelah kejadian tersebut, ketika sedang menyeberang sungai, istrinya terjatuh dan hanyut menghilang entah kemana. Lagi-lagi, Petani menangis dan berdoa memohon pertolongan sang Dewa. Tak berapa lama kemudian Sang Dewa muncul dihadapannya,..
Dewa : "Mengapa kamu menangis?"
Petani : "Istri saya satu-satunya yang sangat saya cintai terjatuh ke sungai, Dewa"

Tiba-tiba Dewa menghilang ke dalam sungai dan tak lama kemudian muncul kembali dengan membawa seorang wanita yang sangat cantik yang ternyata "Titi Kamal".
Dewa : "Apakah ini istrimu?"
Petani : "Ya, Dewa benar sekali,.."
Dewa terkejut mendengar jawaban si Petani yang telah berbohong padanya,...
Dewa : "Kamu berbohong, kemana perginya kejujuranmu? selama ini kamu sangat terkenal akan kejujuranmu! Kenapa sekarang kamu berbohong padaku???"
Petani : "Dewa, seandainya saya tadi menjawab tidak, Dewa akan kembali dengan membawa Sandra Dewi dan jika saat itu saya juga menjawab tidak, Dewa akan kembali membawa istri saya yang asli, dan jika ketika itu saya menjawab iya, Dewa akan memberikan ketiganya untuk menjadi istri saya. Saya ini orang miskin, Dewa, tidak mungkin saya bisa membahagiakan tiga orang istri..."
Dewa : "$$##@@%$$???!!???"

Ada banyak sekali hikmah yang bisa kita petik dari cerita ini,.. dan salah satunya menjadi Alasan Pria Suka Bohong Demi Kebaikan? Lantas bagaimana menurut anda? Apakah anda setuju pada Si Petani yang telah berbohong? Atau anda punya jawaban sendiri? silahkan tulis dikolom komentar,...

0 comments:

Post a Comment